Di Balik Kreativitas: Kisah Sukses Muhammad Yusuf, Alumni SMAN 2 Tembilahan

Sumber: Tim Jurnalistik
Author : Aminatuzzuhriyah, S.Pd

Masa muda tidak akan terulang dua kali. Merintis kesuksesan dimulai dari usia muda dengan memanfaatkan peluang dan waktu secara produktif dan positif. Orang sukses memiliki visi dan misi yang jelas dalam hidup nya. Visi adalah pandangan tentang apa yang diharapkan terjadi di masa depan. Misi adalah aksi nyata sebagai usaha mewujudkan visi menjadi kenyataan. Pemuda yang pandai memanfaatkan masa mudanya akan mendapatkan pengalaman, pengetahuan, skill (keterampilan) yang dapat dijual di masa depan.

Muhammad Yusuf, alumni SMAN 2 Tembilahan, adalah salah satu pemuda yang telah berhasil mengembangkan usaha ekonomo kreatif di bidang dekorasi event yang telah banyak diminati masyarakat. Usaha tersebut Bernama Bilbong Dékorasi, yang melayani pemesanan jasa dekorasi acara pertunangan, ulang tahun, khataman, dan acara-acara kantor, serta papan nama.
Pemuda yang lahir pada 20 Agustus 2000 ini, kerap mengantarkan pesanan catering usaha milik sang Ibu, dari situ Yusuf sering melihat dekorasi berbagai acara.

Sehingga, Yusuf terinspirasi setelah memperhatikan berbagai macam bentuk dekorasi tersebut. Tidak menyia-nyiakan peluang, Yusuf yang menyukai seni mulai belajar mendekorasi, selain melihat dekorasi event, Yusuf juga mencari referensi dan inspirasi melalui internet. Dari kegemaran dekorasi tersebut, sejak kelas satu SMA bersama kakak kandung nya Rustika Parosa, Yusuf mulai menerima jasa dekorasi bermodal Rp. 500.000,-. Awalnya diminta oleh tetangga dan keluarga dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana. Saat itu Yusuf sudah mulai mendapat penghasilan yang bisa digunakan untuk biaya sekolah.

Belajar dan Berkembang

Setelah lulus SMA, Yusuf melanjutkan kuliah di Poli Teknik Pelayaran Sumatera Barat selama tiga tahun. Usaha dekorasi vakum saat itu. Setelah lulus kuliah, Yusuf melanjutkan usaha dekorasi mengandalkan modal dari hasil pendidikan magang di kapal untuk menambah alat dan bahan yang lebih banyak dan berkualitas.

Berkat dukungan orang tua, usaha dekor Bilbong semakin berkembang. Peminat semakin banyak. Hasil dekorasi yang indah dapat dilihat di akun Instagram bilbong_dekorasi_tembilahan. Yusuf dan Rustika, dibantu oleh lima anggota tim dekorasi Bilbong telah menerima jasa dekor dengan tarif mulai dari Rp. 700.000 hingga Rp. 1.700.000, tergantung kualitas dekorasi yang diminta oleh pelanggan. Keuntungan yang diperoleh rata-rata per bulan nya lebih dari Rp. 15.000.000. Bukan main, hasil yang sangat menguntungkan.

Hasil Dekorasi Kreasi Muhammad Yusuf (Bilbong Dekorasi)

Yusuf dan kakaknya serius menekuni hobi dan menciptakannya menjadi peluang usaha. Sehingga menghasilkan banyak keuntungan dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi lima anggota tim dekorasi Bilbong. Bila tidak ditekuni, hobi hanya akan menjadi permainan saja. Yusuf adalah salah satu contoh alumni SMAN 2 Tembilahan yang telah memanfaatkan masa muda nya dengan berkarya. Dia tidak menghabiskan masa muda nya hanya untuk bersantai, waktu nya dihabiskan untuk hal-hal yang bermanfaat seperti belajar dan bekerja.

Yusuf yang juga hobby olahraga lari dan renang ini, berniat mengembangkan dekorasi nya di tingkat wedding ceremony. “Selalu semangat. Jangan takut dengan pendatang baru. Siap bersaing dengan pendatang baru. Jangan berkecil hati. Terus belajar menjadi lebih bagus,jangan mau dikalahkan oleh orang lain,” demikian motivasi yang tertanam dalam diri Muhammad Yusuf dalam meniti jalan kesuksesan. Semoga kita semua dapat meneladani sosok Yusuf untuk mencapai impian di masa depan.

Tinggalkan komentar